Seminar /diklat:kank Hari Santoso

Loading...

Minggu, 03 Mei 2009

Kasus kasus problematik sekolah

KUMPULAN TIPS PENDIDIKAN ANAK
Kasus kasus problematik sekolah, berdasar pengamatan dan pengalaman selama 14 tahun.Kang hari & smart Parenting motivator pendidikan.Beserta solusinya!

KECAKAPAN HASIL DARI EDUKASI
1.Dapat menumbuhkan keyakinan diri :
a)Siswa yakin dengan ilmu yang di pelajarinya
b)Siswa yakin bisa mempraktekan keterampilan yang di miliki
c)Siswa memiliki kemauan menggunakan ilmunya untuk mengatasi masalah
2.Dapat membangun kemandirian siswa
3.Bisa mengasah kreativatas
4.Punya semangat pro aktivitas
5.Menciptakan situasi integritas dan kejujuran
6.Terciptanya rasa bahagia

SEBAB SEBAB ANAK BERMASALAH
a.Mencari perhatian
b.Kemarahan , kekesalan dan frustasi
c.Keresahan
d.Rasa ingin tahu.
e.Salah pergaulan
f.Contoh buruk di rumah
g.Persaingan saudara

MEMAHAMI KEBUTUHAN ANAK UNTUK KESUKSESKANNYA
1.Bangkitkan kesadaran akan manfaat lebih di butuhkan dari pada Cuma sekedar perintah.
2.Bukti nyata lebih baik dari pada melambungkan harapannya Cuma dengan sekadar janji .
3.Anak butuh jalan keluar dari persoalan bukan Cuma penilaian yang menyudutkan .
4.Ucapan dan perilaku ortu lebih keras pengaruhnya dari pada khotbah ajaran moral .
5.Perintah yang jelas lebih mudah dijalankan dari pada cacian.
6.Integritas &Kejujuran membangun keberanian moral.
7.Respon dan kredibilitas dalam mengabdi persoalandirasakan sebagai pelindung anak.
8.Tidak satupun orang suka diancam, anak butuh rsa nyaman psikologis.

BELENGGU KREATIFITAS SISWA

1.HANYA ADA SATU JAWABAN YANG BENAR
Berikan kesempatan siswa menemukan menyampaikan ragam alternatif jawaban dari soal mata pelajaran , karena dalam hidup “memecahkan sebuah masalah tidak harus lewat satu satunya jawaban”.

2.TIDAK BOLEH SALAH !
Tuhan saja memberikan pintu tobat bagi manusia untuk meningkat kan kualitas hidupnya. Mengapa kita tidak biarkan anak belajar dari pengalaman pernah bersalah? Agar bisa memperbaikinya menuju kualitas hidup.

3.PAKAI LOGIKA DONG!
Banyak penemuan penemuan besar diawali dari ide yang tak masuk akal ( logika).Biarkan anak berimajinasi dan bimbinglah menjadi tindakan nyata.

4.PATUHI ATURAN , TIDAK BOLEH DITAWAR !
Terpaku hanya pada aturan sampai tidakbisa mengembangkan diri> atau mengerjakan tugas sebatas aturanyang diterima. Hanya membuat pikiran dan semangat serta kompetensi tidak berkembang. Miliki feksibelitas jiaka memaang dengan upayanya dapat melapui batas dari target sebuah aturan.\

5.ITU TINDAKAN BODOH !
Justru karena merasa bodoh itulah anak anak bersekolah . tugas guru bukan menjuliki anak itu bodoh , melainkan guru dibayar untuk membuat anak bodoh menjadi pintar.Jika menurut anda siswa itu bodoh. Tanggung jawab anda ,membuatnya menjadi lebih pandai . Dan sekali lagi untuk pekerjaan itulah anda digaji.!

6.BUKAN TUGAS SAYA
Kalau seorang guru hanya menjelaskan materi tugasnya bisa diganti, kaset, komputer atau lat komunikasi lainnya. Karena itu jangan batasi diri anda sebatas mengajar.Dan beralasan membantu siswa bermasalah itu bukan bidang anda.! Padahal jika anada dapat meluaskan wilayah karya anda. Anda dapat ilmu pembelajaran yang tidak diajarka n dibangku kuliah.

7.SAYA MEMANG TIDAK KREATIF
Jika anda sudah meyakini diri sendiri tidak kretif amat dapat dipastikan anda tidak akan pernah kretaif . Janagan batasi diri dengan merasa tidak kretif . Karena kreatifitas itu pemikiran dan tindakan. Beranilah berfikir , berimajinasi kreatif lalu wujudkan dalam tindakan . Dan siswa anda akan meniru dengan lebih baik, bukan kah “guru kencing berdiri murid kencing berlari”.

Jenis kegiatan sekolah meransang kreatifitas siswa.
GREEN SCHOOL;pendidikan likungan hidup di berikan melalui pengajaran ,meneliti,melibatkan dan memproduksi.

Contoh:SMU semen gresik mengelolah sampah menjadi pupuk .
SMAN 13 jakarta :Budidaya tanaman zodia ,indentifikasi persoalan lingkungan :meneliti sampah plastik di sekolah .membuat perpustakaan alam /tanaman disekolah membut katalog dan inventarisasi jenis tanaman melalui gambar nama Indonesia nama latin dan lokasi .

RAGAM ESKUL:
Drama musikal –bina bangsa school
Drama dan tari jepang –SMAN 55 jakarta
Sinema to grafi –SMAN 34 jakarta .
Juggling –SMIP jayawiata
Sulap –SMA bina nusantara
Musik tradisional china –SMA noerdon.
Sebagai wadah ekspresi keunikan sekolah sekaligus jalan untuk berkompetisi unesco dan unicef.

CARA BIJAK MEMUJI DAN MENGKRITIK ANAK.

80% orang tua di negaramaju percaya pujian dapat meningkatkan harga diri anak. Tapi menurut para ahli haragaa diri anak berasal dari berhasil mengerjakan sesuatu yang sulit bukan Cuma dari pujian.
Pujian efektif mempunyai 2 fungsi: memotivasi anak dan mengungkap informasi penting dati anak.
Berikut paduan memuji:

1.90% dari anak anak yang dipuji telah bekerja keras memilih tugas tugas yang menantang,dimana mereka bisa belajar sesuatu yang baru.Dan anda membantu menguatkan dia untuk tidak berkecil hati.”lihat semua hasil kerja keras mutelah membuat hasil’.

2.Jangan memberi pujian atas pekerjaan yang mudah pada anak, karena anda dianggap tidak pantas untuk menilai. Asah perasaannya agar anak memiliki keberanian mengambil peluang.”coba ceritakan bagai,mana kamu memilih tindaakan itu.

3.Berikan pujian secara spesifik apa yang dilakukan anak dan betapa berharganya upayanya.Anak akan mengerti telah memberi kontribusi positif.”Terima kasih yah telah menolong,adikmu jadi senang karena kamu temani.”

4.Sebutkan tantangan yang berhasil diatasinya,anda menghargai kemajuannya seiring dengan kompetensinya.Pujian ini membuat rasa PD anak sekaligus menegaskan seberapa jauh perkembangan mereka.dan mengantarkan mereka untuk berani mengatasi kesulitan yang dihadapinya dengan baik.”Wah minggu lalu kamu sudah mencapai lkevel ini, sekarang kamu menguasai beberapa level.”

5.Jangan bandingkan dengan tokoh besar, pujian berlebihan bisa mendatangkan frustrasi jika gagal.” Langkahmu sudah baik teruskan langkah selanjutnya. ”

KRTITIK BIJAK UNTUK ANAK

1.Hindari generalisi, kritik secara spesifik” Kamu jika tidak tergesa gesa tentu bisa menjawab dengan benar.”

2.Akui anda juga memiliki kesalahan “Ah yah papa lupa.” Hal ini mendorong anak untuk tidak takut salah.

3.Ucapakan tanpa emosi marah.

4. Tunjukkan caranya

5.Lakukan setahap demi setahap

6.Fokus pada masa depan.

7. Ambil waktu istirahat.

SIFAT SIFAT ENTREPRENEUR

Inisiatif, menyukai tantangan, pantang menyerah,hasrat untuk sukses, kreatif, kerja keras fleksible kompetirif, mandiri, berorientasi sukses.Jadi, kalau anak anda memiliki sifat ini. Segera beri kesempatan untuk mewujudkannya menjadi kegiatan bisnis , dan tunggu keberhasilannya.

PERILAKU GURU YANG MENGHAMBATKEMANDIRIAN SISWA
Kemandiran dapat dibangun melalui fondasi Rasa Percaya Diri,Namun banyak guru yang justru melemahkan rasa percaya diri siswa seperti :

1.Membutakan/ melemahkan pendapat siswa:”Kalau kamu tidak pakai cara yang ibu ajarkan ,yah tak anggap salah.” Padahal anak telah menemukan cara yang lebih mudah atau sederhana untuk memecahkan soal.Karena itu jika mendidik untuk memberdayakannya! Bimbinglah dia, walau berbeda pendapat dengan anda!

2.Hanya diperintah: ”Kerjakan saja tugas mu jangan banyak tanya !.”Padahal anak bertanya karena tidak tahu atau memang karena ingin tahu lebih dalam.” Bagaimana bisa mengerjakan kalau tidak tahu cara mengerjakanya. Jadi ajarilah ! supaya tahu bagaimana caranya mengerjakannya.

3.Menyerang pribadi anak,”Memang kamu itu sangat bandel ,jadi selalu buat onar “.Padahal dengan anda memberi label negatip pada anak. Anda sudah menyerang kepribadiannya dan tidak menjelaskan letak kekeliruannya . Akibatnya anak tak kunjung belajar memperbaiki kesalahan yang ada malah semakin nakal.Beritahu salahnya bukan salahkan pribadinya.!!

4.Larangan tanpa penjelasan “ pokoknya dilarang ,titik !”. ingat anak makin dilarang makin berusaha dilanggar kasus back street misalnya.Beritahulah alasan tentang larangan bangunlah kesan laraangan adalah perlindungan atas nama cinta anda !.

5.Suka mengeluh,’ sudah input nya tidak berkualitas , fasilitas sekolah tidak memadai , kepala sekolah tidak akomodatif apa mungkin output nya maksimal’.Coba renungkan apakah keluhan anda dapat merubah keadaan. Yang ada anda makin berubah menjadi pesismis dan hopeless semakin tidak bahagia dalam bekerja. Padahal anda masih harus tetap bekerja ,jadi !mengapa anda tidak bersemangat saja. Bukankah semangat bisa membuat anda bergairah . Sekailgus memberi inspirasi semangat kepada siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar